Menambah nama pada paspor

Untuk keperluan umroh atau haji, dalam pengurusan visa ke arab saudi diperlukan paspor dimana nama kita harus terdiri dari tiga suku kata. Oleh karena itu, yang namanya hanya terdiri dari satu atau dua kata perlu mengurus perubahan paspor di imigrasi kota masing-masing.

Syarat yang diperlukan untuk penambahan nama:
1. Fotokopi kartu keluarga
2. Fotokopi KTP (mintanya difotokopi menyamping di a4 bukan bolak balik)
3. Fotokopi akte kelahiran
4. Formulir (dibeli di koperasi imigrasi seharga 8.000 warnanya map hijau)
5. Yang ini sebenarnya tidak tercantum di persyaratan, tp saat mengambil nomor antrian di loket kata petugasnya juga perlu fotokopi dari KTP ayah (yang ditambahkan namanya), gak paham juga kenapa butuh FC KTP padahal di KK dan akte kelahiran udah ada datanya semua.

Di imigrasi malang, sebaiknya kalo mau mengurus datanglah sebelum jam 8 pagi. Tadi saya datang jam 8.30 dan ternyata dapat nomor antrian P058, dan sekarang udah jam 10.45 tapi antrian masih berada di nomor P048. Antriannya sendiri dibagi berdasarkan keperluan: kode P untuk permohonan, K untuk kasir, F untuk foto biometri, dan M untuk pengambilan. Loket untuk permohonan sendiri ada 4 tapi entah kenapa yang buka cuma loket 3 dan 4 (tadinya dua loket ini petugasnya buka gantian, masih mending ini dua-duanya buka) sedangkan loket 1 dan 2 tutup dari awal. Satu orang memakan waktu sekitar 10 menit, belum lagi kalo ternyata kolektif, jadi antriannya nggak maju-maju deh.

Menunggu berjam-jam, lumayan karena ditemani suami, dan bermodal ipad akhirnya malah ngeblog deh. Hiburan di ruang tunggu sendiri cuma TV 26″ yang menampilkan siaran TV lokal semacam sinetron tapi ga ada suaranya alias mute. Seandainya pelayanan di semua loket efektif dan ruang tunggu dibuat sedikit lebih nyaman, antrian bisa ditunggu di cafe (kayak bandara gitu) bermodalkan speaker aja, pasti jauh lebih nyaman deh.

Yey..udah nomor P051 sekarang. Udahan deh ngeblognya…

*update:
Jam 11 tepat nomor antrian saya dipanggil dan prosesnya memakan waktu nggak sampai 5 menit. Tapi ternyata FC KTP ayah tidak dibutuhkan, malah butuh FC paspor dalam ukuran a4…
Dan ternyata tidak dikenakan biaya!!! *bahagia karena gak perlu antri kasir
Paspor yang sudah ditambahkan nama bisa diambil besok siang.. Dan kabar baiknya loket nomor 2 sudah dibuka.. Semangat buat yang masih ngantri..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s